Pages

SELAMAT DATANG DAN TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Minggu, 26 Mei 2013

Mekanisme CPNS dengan sistem CAT (Computer Assisted Test)

Computer Assisted Test (CAT) adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu computer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS.

Standar Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) diperlukan untuk mewujudkan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil. Untuk menjamin Standar Kompetensi Dasar CPNS dilakukan Tes Kompetensi Dasar melalui Computer Assited Test.

Proses Pendaftaran CPNS CAT (Computer Assisted Test) dilakukan dengan sistematika yang telah ditetapkan standar dan langkah-langkahnya. Secara umum berikut ini adalah Proses Pendaftaran CPNS CAT (Computer Assisted Test):

1. Pendaftaran Administrasi: Pelamar yang ingn mengikuti ujian CPNS tahap awal melakukan pendaftaran administrasi. Berkas administrasi kemudian diseleksi panitia dan bagi peserta yang lulus seleksi administrasi berhak mengikuti proses selanjutnya

2. Test Kompetensi Dasar (TKD) : Peserta mengikuti ujian CAT CPNS, ujian CAT ini merupakan Test Kompetensi Dasar (TKD). Kegiatan ini prosesnya dikoordinir oleh panitia khusus (BKN/Kemenpan RB/Konsorsium)

3. Memperoleh Sertifikat Hasil Ujian CAT TKD CPNS: Skor hasil ujian CAT CPNS menentukan apakah peserta lulus atau tidak. Bagi peserta yang gagal artinya tidak memenuhi skor yang ditentukan, bagi peserta yang lulus CAT berarti mencapai skor (passing grade) yang ditentukan dinyatakan lulus ujian CAT TKD CPNS dan diberikan sertifikat tanda lulus CAT TKD CPNS dan berlaku selama 2 (dua) tahun dan berhak mengikuti proses seleksi selanjutnya.

4. Ujian Tes Kompetensi Bidang (TKB) : Tahap selanjutnya adalah tes kompetensi bidang (TKB). Ujian ini prosesnya menjadi wewenang instansi yang dilamar baik instansi pusat atau daerah. Bagaimana sistematika ujian TKB disesuaikan dengan kebutuhan instansi.

5. Lulus CPNS atau Tidak : Bagi yang lulus Test Kemampuan Bidang (TKB) maka dinyatakan lulus CPNS. (sumber PPC)

1 komentar:

  1. KISAH SUKSES TENAGA HONONER JADI PNS
    Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesang singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2013 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di SD Negeri 009 di lumajang jawa timur, Sudah 5 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no tlp Bpk DRS SUDWIDJO KUSPRIJO MURDONO M.SI selaku deputi bidang mutasi Kepegawaian di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk DRS SUDWIDJO KUSPRIJO no tlp beliau: 0852-8956-2888 siapa tau beliau masi bisa membantu anda Terima kasih.

    BalasHapus